Tips jika PIN Google AdSense tidak kunjung datang

 




PIN (Personal Identification Number) Google merupakan 6 digit nomor atau angka yang diberikan oleh google kepada publisher ketika akun sudah mencapai nilai minimum verifikasi. Jadi jika pendapatan diakun publisher sudah mencapai $10 maka google akan mengirimkan PIN tersebut ke alamat publisher dalam bentuk paket kecil semacam amplop surat biasanya melalui pos ke alamat sesuai yang diisi di informasi akun adsense.  



Sumber: portal-uang.com


Bagaimana jika kita belum memverifikasi PIN Google?



gambar. notifikasi diakun adsense

Google memberikan waktu kurang lebih sekitar 4 bulan untuk memverifikasi PIN jika sampai batas waktu tersebut PIN belum diverifikasi maka iklan akan distop atau untuk sementara tidak ditayangkan alhasil pendapatan dari iklan untuk publisher pun juga akan terhenti. Disamping itu juga publisher tidak bisa mencairkan uangnya jika belum melakukan verifikasi PIN meskipun sudah melakukan verifikasi akun bank.


Lalu harus bagaimana?


Google memberikan 3 kali kesempatan permintaan PIN maksudnya jika PIN Google pertama belum juga sampai ke alamat publisher sampai batas waktu lebih dari sebulan maka publisher pun dapat melakukan request PIN yang ke 2.


Sedikit share pengalaman saya mengenai PIN Google yang baru sekitar akhir bulan maret saya terima.  Pada bulan oktober 2020 ternyata akun adsense saya sudah mencapai limit minimum verifikasi dan google sudah mengirimkannya via pos namun saat itu saya baru mengetahui ketika mendapat email dari google bahwa untuk sementara iklan tidak ditayangkan dan saat  mengecek akun adsense pada awal bulan februari 2021 ternyata benar saya belum verifikasi PIN.




Kenapa belum sampai ya? apa nyangkut di kantot pos? Setelah saya cek ternyata di informasi alamat payment adsense, alamat yang saya masukkan kurang detail. Selanjutnya saya ubah alamat dan isi dengan lebih detail dari mulai nomor rumah, RT, RW, kel, kec dan kabupaten yang kebetulan saya tinggal didaerah kab. Bogor. Setelah saya isi dengan benar kemudian saya lakukan request PIN yang ke 2 pada tanggal 8 februari 2021.  Sambil harap-harap cemas ditunggu sampai awal bulan maret PIN pun juga kunjung sampai. 


Setelah mencari informasi sana-sini akhirnya saya memutuskan untuk melakukan request PIN ke 3 tapi saya mencoba ke alamat kantor saya yang berada di wilayah jakarta. Saya mecoba request PIN ke 3 tanggal 8 maret. Dan sekali lagi sambil harap-harap cemas eh..akhirnya tanggal 29 maret 2021 PIN google sampai dengan selamat ke alamt kantor.




Untuk anda yang ingin membuat akun adsense ataupun saat ini sedang menunggu kedatangan si PIN Google tersebut saya punya sedikit tips nih. Apa saja itu??


Tips agar PIN Google sampai ke alamat dan bisa cepat sampai.


1. Pastikan diawal saat memasukan alamat di akun adsense payment sesuai dengan alamat yang jelas dan detail jangan lupa sampai dengan kodepos.


2. Jika PIN pertama belum sampai juga maka anda bisa cek kembali isian alamat di akun adsense anda. Apabila alamat belum sesuai maka ubah terlebih dahulu kemudian anda lakukan request pin ke 2. 


3. Jika PIN Google yang ke 2 juga belum sampai ke alamat padahal isian alamat sudah benar dan jelas maka anda bisa mencoba ganti alamat tujuan dengan alamat lain misal alamat kantor anda. Dari pengalaman saya untuk alamat daerah jakarta akan lebih mudah dan cepat sampai.


Sekian tips jika PIN Google yang tak kunjung datang dari saya. Semoga bermanfaat untuk anda.

Terima Kasih.