Cara menghargai sejarah dan seni (Koleksi radio jadul antik )

Barang jadul atau antik merupakan suatu barang yang mempunyai nilai sejarah tersendiri dan bisa juga mempunyai nilai seni yang tinggi. Kategori jadul atau antik biasanya merupakan suatu barang yang diproduksi dimasa lalu dan saat ini lumayan susah untuk mencarinya karena sudah tidak diproduksi lagi. Langka !! mungkin itu salah satu kata untuk menggambarkannya. Semakin langka nilainya pun akan semakin tinggi.





Pada artikel kali ini saya ingin sedikit berbagi informasi tentang koleksi radio jadul milik saya. Saya mulai mengkoleksi radio jadul sekitar satu tahun yang lalu. Kenapa memilih radio?? Menurut saya radio mempunyai nilai historis sendiri jika pernah melewati kehidupan era 60an sampai 90an terlebih lagi sampai era 80an radio menjadi salah satu media informasi utama di negeri ini. Selain itu radio juga merupakan sebuah karya seni masa lalu menurut saya sehingga perlu untuk dijaga dan bisa digunakan untuk dekorasi rumah dengan tema vintage. Saat ini  ada beberapa radio-radio yang sudah saya dapatkan.

1. Radio tjawang kompas (Band SW)
Radio seri TN-316 (Band SW) yang diproduksi oleh PT. Transistor Radio Manufacturing Co atau saat ini dikenal dengan nama PT. Panasonic Manufacturing yang didirikan oleh Drs. Thayeb Mohammad Gobel. Radio tjawang atau cawang kompas ini diproduksi di era tahun 1950an jadi saat ini bisa dikatakan umur radio tersebut sudah 60an tahun lebih.


2. Radio cawang transistor (Band SW,MW)
Radio yang juga diproduksi oleh PT. Transistor Radio Manufacturing ini diproduksi sekitar tahun 1950an - 1960an. Seri ini termasuk seri awal radio cawang transistor dan cukup iconik.


3. Radio national gema nusantara (Band SW)
Radio yang cukup unik dari sisi desain dan juga tampilan yang menarik. Salah satu keunikan dari seri radio ini adalah dipenamaan penunjuk knop. Radio ini menggunakan bahasa indonesia yaitu Suara dan Gelombang jadi buka Volume dan Tuning.


4. Radio Telesonic (Band SW,MW)
Radio dengan dua band ini juga cukup iconik menurut saya. Dilihat dari jumlah bandnya mungkin radio ini diproduksi sekitar tahun 1960an.


5. Radio Telestar Telefunken (Band SW1,2,3,4,MW)
Radio yang diproduksi oleh perusahaan asal jerman ini merupakan salah satu radio dengan desain yang mempunyai nilai seni yang tinggi.